3 TIPS Penempatan Keyword pada Judul Artikel

Penempatan Keyword pada Judul Artikel
Penempatan keyword pada judul artikel sangat perlu diperhatikan. Judul merupakan elemen penting yang mewakili semua isi pada suatu artikel.

Jika salah satu kata pun, Anda bisa kehilangan calon pengunjung yang berpaling untuk mencari judul artikel lain sesuai informasi yang mereka cari.

Beberapa sumber mengatakan bahwa pengunjung menghabiskan waktu satu hingga tiga detik untuk membaca judul artikel, dan memutuskan dalam waktu yang singkat apakah mereka akan membaca isi artikel yang dicari.

Jika tertarik, mereka akan menekan link pada judul tersebut.

Terdapat ribuan judul yang muncul di halaman hasil penelusuran dan semuanya berbeda penulisannya tergantung topik yang ditulis.

Namun, tidak semua judul yang dibuat dapat menarik perhatian pengunjung. Oleh karena itu, kali ini saya akan membagikan cara optimasi dan penempatan keyword pada judul artikel.

Menempatkan Keyword pada Judul (H1)

Judul artikel harus mengandung keyword yang dibidik. Jangan pernah mencoba membuat judul hasil karangan sendiri tanpa memperhatikan aturan SEO.
  1. Judul artikel harus relevan dengan isi artikel.
  2. Jumlah karakter disarankan tidak lebih dari 65 karakter. Jika lebih, mesin pencari akan menampilkan 65 karakter pertama saja.
  3. Tidak boleh mengulang kata lebih dari dua kali pada judul.
  4. Tidak boleh memiliki artikel dengan dua judul yang sama persis pada blog yang sama. Hal ini akan menyebabkan duplicate content (akan saya bahas di pertemuan selanjutnya).
Bagaimana cara membuat judul yang baik? Yaitu dengan mematuhi aturan diatas, dan mengkreasikan sesuai kreatifitas Anda.

Contoh:
  • Keyword yang di bidik : Membuat Blog
  • Judul : Cara Membuat Blog dengan 4 Langkah Mudah, atau 5 Cara Membuat Blog di Android, atau 4 Langkah Membuat Blog untuk Pemula.
Tips:
  1. Sebisa mungkin usahakan keyword yang diletakkan pada judul menempel 100%.
  2. Jangan sesekali memisahkan keyword dengan satu kata pun.
  3. Buatlah judul yang kreatif dan semenarik mungkin tanpa merusak susunan keyword.
  4. Membentuk Frasa SPOK.
  5. Letakkan keyword di tempat strategis, pada kata ke dua atau ke tiga.
Apapun teknik yang Anda lakukan dalam membuat judul, pastikan Anda menerapkan hal yang barusan saya katakan diatas.

Ntah itu menggunakan angka, kalimat atanya, atau yang lainnya pastikan keyword tetap saling menempel dan tersusun rapi.

Menambahkan Sub Judul agar lebih Kuat (H2, H3, dst)

Penulisan Judul Artikel yang SEO Friendly
Agar kata kunci pada artikel yang ditulis lebih kuat, Anda bisa menambahkan sub-sub judul yang menggunakan tag H2, H3, dan seterusnya.

Sub judul ini bisa diisi dengan keyword turunan, atau bisa juga dengan pertanyaan yang mungkin akan ditanyakan pengunjung.

Jadi sebelumnya pastikan Anda sudah menyusun struktur srtikel berupa kata kunci turunan atau pertanyaaan yang nantinya akan dijadikan sub judul.

Tips Penulisan Judul Artikel yang SEO Friendly

  1. Judul harus relevan dengan isi artikel. Alogaritma mesin pencari terutama google semakin kesini semakin canggih, dan tidak bisa diakali. Google akan menilai kualitas artikel dari judul dulu, baru isi artikel. Jadi jika tidak relevan, hmm tau kan akibatnya?
  2. Jangan menggunakan titik di akhir judul. Apa bila Anda selama ini menggunakan titik diakhir judul, Anda jangan melakukannya lagi sekarang. Judul bukanlah sebuah kalimat pada artikel, jadi tidak perlu menambahkan tanda titik.
  3. Menggunakan angka. Judul yang menggunakan angka terbukti ampuh meningkatkan pengunjung. Selain membuat lebih menarik, judul juga akan lebih spesifik.