Pengertian Keyword: Fungsi dan Jenis Keyword dalam SEO

Pengertian Keyword
Banyak orang awam yang belum paham tentang pengertian keyword karena mungkin baru mengenal istilah-istilah SEO. Dalam belajar SEO, Anda perlu mengetahui dasar-dasarnya, terutama mulai dari pengertian.

Hal itu sebenarnya bukan menjadi masalah.

Yang menjadi masalah adalah terjadinya kesalahan dalam memahami pengertian keyword.

Pada pembahasan kali ini, saya akan memfokuskan untuk membahas seputar apa itu keyword? Berikut ulasan lengkapnya.

Pengertian Keyword

Pengertian Keyword adalah serangkaian kata yang sering digunakan user saat mencari informasi yang dibutuhkan pada mesin pencari, ntah itu Google, Bing, ataupun yang lainnya.

Serangkaian kata inilah yang nantinya akan disimpan pada database mesin pencari untuk menganalisa kebutuhan user.

Jadi, keyword juga bisa diartikan sebagai kata-kata umum yang dipikirkan manusia untuk mencari informasi yang dibutuhkan pada mesin pencari.
Apa itu Keyword
Contoh:
  1. Anda mencari harga handphone asus rog.
  2. Lalu Anda mengetikkan harga asus rog terbaru.
  3. Harga asus rog terbaru adalah keywordnya.

Apa Kegunaan Keyword?

Keyword memiliki fungsi yang berbeda sesuai siapa yang menggunakannya, yaitu.

1. Fungsi Keyword Bagi Mesin Pencari

Yang pertama yaitu bagi mesin pencari. Masin pencari memiliki robot yang berperan memasuki website untuk melakukan crawling. Pada saat itu juga robot juga bertugas menganalisa kata demi kata yang ada didalam artikel website tersebut.

Jika ada kecocokan diantara kata-kata tersebut dengan kata kunci yang sudah disimpan pada database mesin pencari, halaman tersebut bisa muncul di hasil pencarian dengan keyword yang ditentukan.

2. Fungsi Keyword Bagi Pemilik Blog

Dengan penggunaan kata kunci yang tepat dan tertarget, kemungkinan besar artikel yang dibuat berada di halaman pertama pada hasil penelusuran mesin pencari.

Imbasnya, ribuan traffic per hari akan membanjiri blog yang sedang Anda bangun.

Jenis-Jenis Keyword

Keyword (kata kunci) terbagi menjadi 2 jenis, yaitu short tail keyword, dan long tail keyword.
  • Apa yang dimaksud short tail keyword?
  • Apa yang dimaksud long tail keyword?
Jawabannya ada di ulasan berikut ini.

1. Short Tail keyword

Short Tail Keyword adalah kata kunci pendek atau singkat yang umumnya terdiri dari satu hingga dua kata saja.

Jenis keyword ini memiliki jumlah kompetitor yang sangat tinggi karena penggunaan kata kunci yang kurang detail dan spesifik.

Perhatikan contoh penggunaan short tail keyword berikut ini.
Short Tail Keyword
Berdasarkan contoh diatas, saya meriset kata kunci bisnis. Benar saja dengan jumlah volume tersebut kata kunci bisnis bisa dibilang memiliki tingkat persaingan yang tinggi.

Pastinya, artikel yang menggunakan kata kunci bisnis akan lebih sulit bersaing pada mesin pencari.

Oleh karena itu, alangkah baiknya Anda menggunakan kata kunci turunan atau disebut long tail keyword.

2. Long Tail Keyword

Long Tail Keyword adalah kata kunci turunan dari short tail keyword yang umumnya terdiri dari tiga hingga lima kata.

Dengan menggunakan long tail keyword, kata kunci yang ditargetkan akan lebih spesifik. Selain itu, jumlah persaingan juga tergolong rendah.

Berikut ini adalah contoh penggunaan long tail keyword.
Long Tail Keyword
Jika sebelumnya Anda menggunakan short tail keyword 'bisnis', alangkah baiknya menambahkan kata agar kata kunci Anda lebih tertarget dan persaingannya lebih rendah.

Misalkan seperti contoh diatas, Anda bisa menggunakan kata kunci cara memulai bisnis atau turun yang lainnya. Dengan begitu website atau blog yang sedang Anda bangun akan lebih mudah untuk bersaing.

Itulah pembahasan seputar pengertian keyword secara keseluruhan meliputi fungsi, contoh, dan jenisnya. Semoga bermanfaat, terimakasih.