Pengertian SEO dan Definisinya: Menurut Para Ahli

Pengertian SEO
Apa itu SEO? Berikut adalah penjelasan lengkap tentang Search Engine Optimization.

Pengertian SEO

SEO adalah singkatan dari Search Engine Optimization yang merupakan sebuah upaya mengoptimasi situs website untuk mesin pencari agar mendapatkan peringkat atas pada halaman hasil penelusuran (SERP (Search Engine Result Page)).

Sebuah Alogaritma mesin pencari akan menentukan dan mengurutkan ranking berdasarkan kualitas situs website yang sedang dibangun.

Definisi SEO Menurut para Ahli

Adapun pengertian SEO menurut pendapat para ahli/pakar SEO, sebagai berikut.

1. Neil Patel

SEO stands for search engine optimization. Which is the art of ranking high on a search engine in the unpaid section, also known as the organic listings.
SEO adalah singkatan dari optimasi mesin pencari. Yang merupakan seni peringkat tinggi pada mesin pencari di bagian yang tidak dibayar, juga dikenal sebagai daftar organik.

2. Joshua Hardwick (Ahrefs.com)

SEO (Search Engine Optimization) is the practice of optimizing content to be discovered through a search engine’s organic search results.
SEO (Search Engine Optimization) adalah praktik mengoptimalkan konten yang akan ditemukan melalui hasil pencarian organik mesin pencari.

3. SearchEngineLand.com

SEO stands for “search engine optimization.” It is the process of getting traffic from the “free,” “organic,” “editorial” or “natural” search results on search engines.
SEO adalah singkatan dari "optimisasi mesin pencari." Ini adalah proses mendapatkan lalu lintas dari hasil pencarian "gratis," "organik," "editorial" atau "alami" di mesin pencari.


Terdapat dua teknik SEO yang dapat Anda lakukan yaitu SEO On Page dan SEO Off Page.

Pengertian SEO On-Page

SEO On Page adalah langkah optimasi untuk meningkatkan kualitas website agar mudah dimengerti dan relevan dengan informasi yang dicari pengunjung. Mulai dari kualitas konten, kecepatan loading, sehingga pengunjung nyaman berada di website atau blog yang Anda miliki.

Singkatnya, SEO On Page merupakan teknik optimasi semua yang ada di dalam website tersebut.

Pengertian SEO Off-Page

SEO Off Page adalah teknik optimasi website yang dilakukan dari luar website tersebut.

Singkatnya, optimasi website utama dengan cara memasang tautan/link dari website lain yang menuju ke website utama dengan topik yang relevan.

Maka dari itu, SEO Off Page sering disebut dengan teknik link building atau membangun backlink.

Seperti itulah penjelasan singkat tentang pengenalan Search Engine Optimization yang meliputi pengertian SEO secara keseluruhan. Semoga bermanfaat, terimakasih.