Penulisan URL yang Benar dan SEO Friendly di Blogger

Penulisan URL yang Benar
URL atau permalink kerap kali dilupakan banyak orang saat optimasi SEO On Page. Padahal, kata demi kata yang terdapat pada permalink juga mempengaruhi kualitas SEO pada artikel tersebut.

Cara Membuat URL Blogger SEO Friendly

Caranya yaitu dengan melakukan custom permalink. Permalink pada artikel blogger akan terisi secara otomatis sesuai judul artikel, dan otomatis terpotong jika judulnya panjang, karena batas maksimal yang ditetapkan blogger untuk permalink yaitu 6 kata.

Contoh:
Anda membuat artikel dengan judul 3 cara membuat blog dengan mudah untuk pemula, maka url pada artikel tersebut akan terisi 3-cara-membuat-blog-dengan-mudah.html.

Tentunya hal itu sangat tidak dianjurkan. Seperti yang sudah saya bahas pada artikel sebelumnya tentang strategi penempatan keyword pada artikel, kata dalam URL yang baik adalah 1-4 kata, dan mengandung keyword.

Bagaimana Cara Custom URL Blogger?
  1. Buka halaman Postingan pasa Dashboard Blogger.
  2. Tekan Entri Baru.
  3. Masukkan dahulu judul artikel yang Anda buat.
  4. Tekan Setelan Entri.
  5. Pilih Link.
  6. Lalu pilih Custom URL (Tautan Permanen Khusus).
Untuk penulisan URL SEO Friendly alangkah baiknya menuliskan dengan target keyword.

Pada contoh diatas saya menggunakan judul 3 cara membuat blog dengam mudah untuk pemula. Jadi, penulisan URL yang benar adalah cara-membuat-blog.html.

Disini sudah paham?


Jadi, URL artikel buatlah sesingkat mungkin yang menentukan pokok dari isi artikel, atau bisa juga dengan kata kunci yang ditargetkan.